cover
Contact Name
Sabaruddin Yunis Bangun
Contact Email
pjkr@unimed.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
unisbgn@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Journal Physical Education, Health and Recreation
ISSN : 25489194     EISSN : 25489208     DOI : -
Core Subject : Health, Science,
Merupakan jurnal yang dikelola oleh Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Medan, Jurnal ini membahas ilmu dibidang pendidikan jasmani, Kesehatan dan rekreasi. Journal Physical Education, Health and Recreation terbit 2 kali 1 tahun, terbitan pertama bulan oktober 2016. Artikel yang masuk ke Journal Physical Education, Health and Recreation akan di terima oleh editor untuk di teruskan ke editor bagian yang kemudian di teruskan lagi ke reviewer dengan blind peer review paling lama 4 minggu.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2016): Oktober" : 8 Documents clear
PENERAPAN GAYA MENGAJAR INKLUSI MENGGUNAKAN MEDIA MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU PADA SISWA KELAS IX SMP N 1 SOSA KABUPATEN PADANG LAWAS TAHUN AJARAN 2015/2016 Zen Fadli; Ardiansyah Harahap
Journal Physical Education, Health and Recreation Vol 1, No 1 (2016): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/pjkr.v1i1.4774

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru dengan gaya mengajar inklusi menggunakan media yang dimodifikasi Pada Siswa Kelas IX2 SMP Negeri Sosa padang Lawas Tahun Ajaran 2015/2016.Penelitian ini adalah siswa kelas IX2 yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran tolak peluru dengan gaya inklusi menggunakan media yang dimodifikasi. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar dasar tolak peluru. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data.Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 20 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (66,6%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 10 orang siswa (33,4%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 71,04. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 27 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (90%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 3 orang siswa (10%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 77.08. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan gaya mengajar inklusi menggunakn media yang dimodifikasi dapat memberikan peningkatan terhadap proses hasil belajar tolak Peluru dada pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sosa Padang Lawas Tahun Ajaran 2015/2016.
PENERAPAN MODEL PKTB DAN PKDLB DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI Indra Kasih; Irvan Darmawan
Journal Physical Education, Health and Recreation Vol 1, No 1 (2016): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/pjkr.v1i1.4770

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli melalui penerapan model PKTB dan PKDLB. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah kelas XI IPA11 sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 11 putra dan 19 putri. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Medan pada tanggal 23 Juli s/d 30 Juli 2016. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan portofolio penilaian tes. Hasil penelitian siklus I setelah dilakukan post test siklus I dari 30 siswa terdapat 18 siswa (60%) tuntas dan 12 orang (40%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 71,08 (tidak tuntas). Hasil penelitian siklus II setelah dilakukan post test siklus II dari 30 siswa terdapat 26 siswa (86,66%) tuntas dan 4 siswa (13,33%) tidak tuntas dengan nilai rata-rata 78,53 (tuntas). Kenaikan nilai rata-rata antara siklus I dan siklus II adalah sebesar 7,47. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model PKTB dan PKDLB dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas XI IPA11 SMA Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAKBOLA DENGAN PENERAPAN VARIASI MENGAJAR MENGGIRING BOLA PADA SISWA/I KELAS VIII SMP KARTIKA 1 – 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015 Mahmuddin .
Journal Physical Education, Health and Recreation Vol 1, No 1 (2016): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/pjkr.v1i1.4775

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Kartika 1 – 2 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus berisikan tindakan berupa penerapan variasi belajar yang disesuaikan dengan materi pelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP SMP Kartika 1 – 2 Medan Tahun Ajaran 2014/2015 dengan subjek penelitian sebanyak 27 orang. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik menggiring bola dalam permainan sepak bola sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis pada penilaian proses maka diperoleh hasil analisisnya : Pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa dari 27 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 10 orang siswa (40,74%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 17 orang siswa (59,26%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 75,00. Pada siklus II dapat dilihat bahwa ternyata dari 27 orang siswa, terdapat 25 orang siswa yang tuntas (92,59%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 2 orang siswa (7,41%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 83,95.Penilaian hasil teknik menggiring bola yang dilakukan dengan menggiring bola dengan mengelilingi cone. Pada sirklus I rata – rata kelas VIII mampu menggiring bola mengelilingi cone selama 23,86 detik dimana termasuk dalam kategori cukup. Pada sirklus II rata – rata kelas VIII mampu menggiring bola mengelilingi cone selama 21,38 detik dimana termasuk dalam kategori baik.Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan variasi belajar dapat meningkatkan hasil belajar menggiring bola dalam permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Kartika 1 – 2 Medan Tahun Ajaran 2014/2015.
NORMA TES DAYA LEDAK, KECEPATAN, DAYA TAHAN SEPAKBOLA UNTUK KATEGORI USIA 13 - 14 TAHUN Iwan Hermawan; Lambertus Leo Sergio Batista Sili
Journal Physical Education, Health and Recreation Vol 1, No 1 (2016): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/pjkr.v1i1.4771

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mencari norma tes, daya ledak, kecepatan, daya tahan dalam sepak bola untuk kategori 13-14 tahun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif adalah suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Berikut hasil dari penelitian yang telah dilakukan.(1).Untuk data penjaga gawang:Telah didapat norma tes fisik Daya Ledak yaitu untuk kategori Baik Sekali lebih besar dari 74, Telah didapat norma tes fisik Kecepatan yaitu untuk kategori Baik Sekali lebih kecil dari 5,47, Telah didapat norma tes fisik Daya Tahan yaitu untuk kategori Baik Sekali lebih besar dari 42,3.(2). Untuk data pemain belakang. Telah didapat norma tes fisik Daya Ledak yaitu untuk kategori Baik Sekali lebih besar dari 71, Telah didapat norma tes fisik Kecepatan yaitu untuk kategori Baik Sekali lebih kecil dari 5,67, Telah didapat norma tes fisik Daya Tahan yaitu untuk kategori Baik Sekali lebih besar dari 44,7.(3) Untuk data pemain tengah,.Telah didapat norma tes fisik Daya Ledak yaitu untuk kategori Baik Sekali lebih besar dari 67. Telah didapat norma tes fisik Kecepatan yaitu untuk kategori Baik Sekali lebih kecil dari 5,64. Telah didapat norma tes fisik Daya Tahan yaitu untuk kategori Baik Sekali lebih besar dari 45,8, (4) Untuk data pemain depan. Telah didapat norma tes fisik Daya Ledak yaitu untuk kategori Baik Sekali lebih besar dari 61.Telah didapat norma tes fisik Kecepatan yaitu untuk kategori Baik Sekali lebih kecil dari 5,31. Telah didapat norma tes fisik Daya Tahan yaitu untuk kategori Baik Sekali lebih besar dari 44,2
PENGARUH MASSED PRACTICE TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BOLA BASKET SISWA EKSTRAKURIKULER SMP NEGERI 11 KOTA JAMBI Boy Indrayana
Journal Physical Education, Health and Recreation Vol 1, No 1 (2016): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/pjkr.v1i1.4776

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of massed practice the passing ability of basketball student extracurricular basketball SMP Negeri 11 Jambi. Passing or operand is the basic techniques in ball games by giving the ball to the comrades in the game of basketball. Mastery of the basic techniques of passing is an important element that must be mastered by every basketball player in the game. The learning method massed practice is practice methods that can be applied in basketball. Massed practice method is a method / strategy study the movement to be controlled is done continuously without breaks interspersed The method used is an experimental method with a sample of 16 male students. the sampling technique is done by total sampling. This study begins with a pre-test and post-test ends with the passing ability of basketball. It was done for 6 weeks with a frequency of three times a week.This research hypothesis testing using t-test at level α = 0.05 which is the right of the preconditions that the sample group were normally distributed and homogeneous. After the t-test results obtained t-count (16.284)> t table = (1.753) as obtained t-count > t-table, so the hypothesis (Ha) in this study received the 95% confidence level.Based on the results of research and discussion that has been done, it can be concluded that massed practice given significant impact to improve the ability of students passing basketball extracurricular basketball SMP Negeri 11 Jambi.
Upaya meningkatkan hasil belajar passing bawah Bola Voli melalui variasi pembelajaran dan Media Audio Visual Di Kelas VIII A SMP Negeri 6 Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun Pelajaran 2013/2014 Syarifah .
Journal Physical Education, Health and Recreation Vol 1, No 1 (2016): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/pjkr.v1i1.4772

Abstract

Upaya meningkatkan hasil belajar passing bawah Bola Voli melalui variasi pembelajaran dan media audio visual di kelas VIII A SMP Negeri 6 Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara tahun pelajaran 2013/ 2014 sangat penting untuk dilaksanakan. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Dalam bahasa inggris PTK diartikan dengan Classroom Action Research, disingkat CAR.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan variasi pembelajaran dan media audio visual sebagai sasaran utama. Dimana penelitian ini berupa pemaparan upaya meningkatkan hasil passing bawah Bola Voli siswa kelas VIII A SMP Negeri 6 Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Berdasarkan hasil observasi pada siklus I, peneliti kurang memberikan motivasi dan penguatan kepada siswa untuk mendukung terlaksananya pembelajaran yang baik. Peneliti masih perlu memberikan motivasi dan penguatan kepada siswa untuk mendukung terlaksananya pembelajaran dengan baik.pada pelaksanaan kegiatan siklus II. Hasil belajar passing bawah Bola Voli siswa pada siswa pada siklus II ternyata cukup baik, hal ini dapat dilihat dari telah banyaknya siswa yang mampu menguasai teknik passing bawah Bola Voli dengan baik, sebagian siswa sudah mampu melakukan gerakan perkenaan bola dengan tangan dengan baik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil peneliti, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan variasi pembelajaran dan pemanfaatan media audio visual membuktikan peningkatan hasil belajar siswa. Penerapan metode variasi pembelajaran dan pemanfaatan media audio visual dan meningkatkan hasil belajar penjas siswa kelas VIII A Di SMP Negeri 6 Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara Tahun Pelajaran 2013/2014
Pengembangan Pengetahuan Anak Difabel Melalui Pendidikan Jasmani Olahraga dan Outbound Sabaruddin Yunis Bangun
Journal Physical Education, Health and Recreation Vol 1, No 1 (2016): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/pjkr.v1i1.4777

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia untuk menjamin keberlangsungan hidupnya agar lebih bermartabat. Karena itu negara memiliki kewajiban untuk memberikan pelayanan pendidikan yang bermutu kepada setiap warganya tanpa terkecuali termasuk mereka yang memiliki perbedaan dalam kemampuan (difabel) seperti yang tertuang pada UUD 1945 pasal 31 (1). Namun sayangnya sistem pendidikan di Indonesia belum mengakomodasi keberagaman, sehingga menyebabkan munculnya segmentasi lembaga pendidikan yang berdasar pada perbedaan agama, etnis, dan bahkan perbedaan kemampuan baik fisik. Tulisan ini adalah sebagai referensi awal pengembangan anak-anak difabel melalui pendidikan jasmani olahraga dan outbound di Indonesia, dengan pemikiran bersama. Manfaat dari tulisan pada makalah ini sebagai pemikiran bagi pembuat kebijakan dalam meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan anak difabel. Nilai yang terkandung di dalam pendidikan jasmani olahraga dan kegiatan outbound terdapat nilai psikomotrik, kognitif dan afektif. Dengan mengembangkan konsep pendidikan jasmani olahraga dan outbound memungkinkan untuk dicapai. Nilai-nilai yang terdapat pada pendidikan jasmani dan outbound dapat menunjang kehidupan sehari-hari khususnya bagi anak-anak difabel.
THE EFFECT OF TEACHING STYLES AND THE MOTOR EDUCABILITY TO SERVE UNDER MINI VOLLEYBALL (EXPERIMENTAL STUDY AT MIN MEDAN) Yusuf .
Journal Physical Education, Health and Recreation Vol 1, No 1 (2016): Oktober
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/pjkr.v1i1.4773

Abstract

This study aims to determine the effect of teaching styles and the motor educability to serve under mini volleyball at MIN Medan.In addition, this study also aimed to determine the effect of motor educability of both the teaching style. Teaching style in this study are the inclusion of teaching style and teaching of command style also high educability motor and low educability motors.Reseach carried aout in Class V MIN Medan academic year 2014-2015 (even semester). The research method is experimental design with treatment by the level of 2x2 with a sample of 76 students.The results of this study are as follows: (1) overall there are significant differences between the teaching styleof inclusion with teaching style command to increased volleyball servicing. (2) There is an interaction between teaching style with a motor educability to increased volleyball servicing. (3) For students who have a high educability motors, wich are taught by the teaching style inclusion is better than teaching style command to increased volleyball servicing. (4) There is no difference between teaching style inclusion with teaching style command for student who have a lower educability motors in volleyball service improvement.

Page 1 of 1 | Total Record : 8